Advertisement

Searching...
Selasa, 10 April 2018

SEJARAH BITCOIN DUNIA

April 10, 2018



Belakangan ini digemparkan dengan kemunculan mata uang digital atau Cryptocurrensy, salah satu mata uang yang sekarang sedang buming yaitu bitcoin. Bitcoin awal mulanya diciptakanoleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2007. Perkembangan Bitcoin dari masa ke masa semakin menunjukan perkembangan yang signifikan. pada saat bitcoin untuk tujuan transaksi pada tahun 2009, bitcoin telah terdaftar ke puluhan website dan terus semakin menjamur hinga saat ini. mata uang ini juga bersifat terdesentralisasi, yang airtinya tidak berpusat pada satu administrator tunggal sehingga seluruh catatan transaksi dalam buku besar blockhain (Ledger Blockchain) bisa dikelola oleh semua pengguna diseluruh dunia.

Beberapa keuntungan bitcoin yaitu : 
  • Transpran. Seluruh penguna Bitcoin dapat melihat histoti transaksi yang sudah dilakukan, sehingga transfer dapat dilakukan kapanpun
  • Transter lebih efektif. Kita dapat mengirim Bitcoin kemana saja dalam hitungan detik, kemudian biaya transfer yang sangat murah yaitu sekitar Rp. 500 – 3.000 per transaksi.
  • Keamanan. Ledger Bitcoin sangat  terbuka untuk umum sehingga pemalsuan transaksi tidak mungkin dilakukan. Seluruh transaksi Bitcoin yang transparan dan tersebar ke berbagai pengguna di seluruh dunia.
Awal Mula Keseuksesan Bitcoin

Dengan bertambahnya tingkat kesulitan trading dan berbagai cryptocurrency yang di bawahnya, pada 6 November 2010, Bitcoin akhirnya menembus angka setara USD 1 Miliar di MtGox, pasar yang memuat seluruh transaksi cryptocurrency. Nilai tukarnya dibanding dolar US pun kuat, yakni $0.5 per BTC (sebutan untuk nominal Bitcoin), sehingga memungkinkan pembelian Bitcoin dalam jumlah yang besar.

Sebagai tambahannya, Bitcoin mulai diterima di mana-mana. Milestone terkenal dari sejarah Bitcoin adalah transaksi pizza di dunia nyata seharga 10.000 BTC pada 22 Mei 2010, yang sukses melambungkan nama Papa’s Specialty, yakni nama brand yang menyediakan, sebagai penyedia pizza termahal di dunia. Produk-produk dunia nyata berikutnya juga mulai mengikuti, bahkan hingga kaos kaki pun dibeli menggunakan Bitcoin

Kegagalan Bitcoin

Dalam proses berjalan untuk menuju kesuksesan pasti ada kegagalan yang akan dialami, seperti halnya dengan mata uang digital, Bitcoin juga memiliki pengalaman kegagalan sendiri. 

Terlepas dari nilainya yang seolah-olah terus naik, Bitcoin juga pernah mengalami penurunan nilai hingga $0.06 per BTC sebelum kenaikannya yang perlahan pada 7 Oktober 2010. Pada 30 Agustus 2011, Bitcoin sempat mengalami penurunan nilai mata uang, yang untungnya dapat disesuaikan pada blok transaksi 143,136.

Tidak berhenti sampai di sana, Bitcoin juga sempat “musuhan” dengan Paypal pada 4 Juni 2011, di mana transaksi Bitcoin dihentikan karena terindikasi fraud. Tambahannya, Bitcointalk.org, situs yang menyimpan data pengunjung dan nasabah Bitcoin, juga pernah mengalami masalah hacking pada 2 Oktober 2013.

Bitcoin masih belum bisa sepenuhnya diterima di beberapa bagian negara, termasuk China yang sejak beberapa tahun lalu menentang keras peredaran Bitcoin. Satu lagi negara yang serupa dengan China, yakni Rusia, juga memiliki kebijakan “kontra-Bitcoin”, yakni tidak membolehkan transaksi selain dengan mata uang yang diterbitkan pemerintah Rusia.

Harga Bitcoin Melembung Naik Kembali

teknologi mata uang digital yang tertanam pada Bitcoin memberikan kita perspektif baru tentang cara pandang “paperless transaction” yang sebenarnya.

kenaikan harga Bitcoin didukung oleh masyarakat dunia yang makin condong memilih Bitcoin untuk alat transaksi dibandingkan uang kertas atau koin, termasuk Indonesia. Dengan dibukanya “lahan-lahan” penambangan Bitcoin yang baru, Bitcoin berpotensi untuk menggeser pasar keuangan dunia, termasuk cadangan mata keuangan global.

Bila ini terjadi, maka harga Bitcoin dibandingkan mata uang yang sekarang ada di dunia akan naik seiring dengan melemahnya kondisi pasar mata uang konvensional. Dengan kata lain, era “paperless transaction” pada Bitcoin bukan hanya soal pembayaran, namun juga nilai mata uangnya yang semakin lama semakin tinggi berkat permintaan konsumen yang banyak dan keadaan Bitcoin yang unggul di pasar keuangan.

Peminat yang banyak memunculkan permintaan yang semakin mendesak, di satu sisi jumlah yang terbatas membuat Bitcoin terus menerus berproduksi dan meningkatkan harga jualnya. Jadi, tidak heran bila mata uang Bitcoin menjadi mahal harganya.
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

0 komentar:

Posting Komentar