Advertisement

Searching...
Kamis, 12 April 2018

Sejarah Bitcoin Di Indonesia

April 12, 2018


Sekarang ini, bitcoin di indonesia mulai menjadi perbincangan oleh semua orang, karena kenaikan harganya yang fantastis. Bagaimana tidak, mata uang digital tersebut pernah mencapai rekor harga hingga 265.000.000 per satuannya. Padahal, waktu pertama kali dilepas ke pasar pada tahun 2010, Bitcoin hanya laku di bawah 1 sen.

Di indonesia pertamakali bitcoin di perkenalkan sebagai salah satu alat alternatif pembayaran online yang paling banyak diperbincangkan

Pencetus beredarnya bitcoin di indonesia

Agar Bitcoin bisa beredar secara luas, diperlukan bursa penukaran untuk melayani proses jual beli. Di Indonesia, Bitcoin adalah salah satu sentra penukaran pertama yang mempelopori beredarnya mata uang virtual terpopuler tersebut.

Perusahaan Bitcoin di Indonesia pertama didirikan oleh tiga orang  pada Desember 2013, ketiga orang tersebut awalnya merintis sebuah komunitas peminat Bitcoin melalui website bitcoin.

setelah satu tahun merintis, Bitcoin Indonesia mengalami perkembang menjadi bursa penukaran Bitcoin dengan jumlah anggota sebanyak 50,000 anggota dan rata-rata volume transaksi harian mencapai hingga Rp. 500,000,000. Pencapaian tersebut sekaligus menjadikan Bitcoin Indonesia sebagai bursa penukaran Bitcoin terbesar se-Asia Tenggara.

Semakin maraknya permintaan masyarakat terhadap Bitcoin di Indonesia ditanggapi dengan bertambahnya sentra-sentra penukaran alternatif selain Bitcoin Indonesia.


Perkembangan bitcoin di indonesia saat ini



Masyarakat saat ini sangat antusies terhadap bitcoin, awalnya permintaan bitcoin sebagai  alat pemmbayaran sebagian besar terbatas pada penggiat komunitas pada forum-forum during saja, namun sekaran banyak masyarakat yang mengunakan bitcoin untuk transaksi jual beli.

Kelebihan bitcoin terdapat pada penggunaannya yang mudah untuk pembayaran tanpa mengenal pajak, sehingga pengunaan bitcoin dimanapun berada, mereka dapat dengan mudah untuk melakukan transaksi jual beli dengan menggunakan jariingan blockchain.

Bitcoin Indonesia memanfaatkan fitur utama tersebut untuk menggandeng beberapa toko daring agar produk-produk mereka dapat dengan mudah dibeli oleh member Bitcoin Indonesia kapanpun, di manapun.

Seiring berjalannya waktu, toko daring yang memiliki fasilitas bursa-bursa penukaran bitcoin semakin banyak, dengan perkembangan secepat ini tentu saja akan mendapatkan respon positif dari regulator keuangan

Seiring perkembangan bitcoin di indonesia semakin pesat, namun pada tahun 2014, Bank Indonesia menyatakan bahwa Bitcoin dan mata uang virtual lainnya bukan merupakan mata uang atau alat pembayaran yang sah di Indonesia. Meskipun begitu, pembayaran barang/jasa dengan Bitcoin tidak dikategorikan sebagai tindakan ilegal di Indonesia.

Misalnya saja pada Maret 2014, dilansir dari Wall Street Journal, seorang pengguna Bitcoin dari luar negeri membeli villa mewah di kawasan Seminyak, Bali seharga 800 Bitcoin (kisaran Rp5 Milyar pada saat itu) yang ditawarkan melalui situs web Bitpremier. Pembelian properti tersebut sekaligus menorehkan catatan nilai transaksi tertinggi dengan Bitcoin saat itu.

Intinya, sampai saat ini status bitcoin di indonesia sebagai salah satu alat pembayaran yang masih belum jelas legal atau ilegal. Di satu sisi, Bitcoin menawarkan kecepatan dan kemudahan proses pembayaran yang lebih unggul dibandingkan mata uang konvensional (fiat currency). Di sisi lain, regulasi Bitcoin di Indonesia masih sangat terbatas dan rentan penyalahgunaan seperti misalnya praktek pencucian uang dan penyelundupan narkoba.

Bagai mana bitcoin di indonesia kedepannya ?

depannya, dengan kemunculan mata uangan virtual lainnya selain bit coin, maka masih belum ada tanda-tanda bahwa trend kemunculan mata uang digital baru akan berhenti. Menyadari perkembangan tersebut, sentra penukaran Bitcoin Indonesia melayani pula jual beli cryptocurrency selain Bitcoin. Jadi, bagi para peminat mata uang virtual alternatif, Bitcoin Indonesia akan terus berinovasi dengan menghadirkan pilihan-pilihan virtual currency populer.

0 komentar:

Posting Komentar